TIPS BERKENDARA AGAR ANDA BISA LEBIH HEMAT BAHAN BAKAR





Cara anda dalam berkendara ternyata sangat mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar kendaraan yang anda gunakan. Jika pada mobil yang sama tetapi dikendarai oleh dua orang yang berbeda bisa jadi menghabiskan bahan bakar berbeda. Yang satunya boros, dan mobil yang satu lainnya irit.

Berikut ini tips ada beberapa tips berkendara agar anda lebih pintar dalam berkendara yang hemat bahan bakar dan dapat mengatur pengeluaran uang dalam membeli bahan bakar.

1.  Jangan terbiasa melakukan akselerasi dan pengereman secara  berlebihan. Sebab, ketika anda mengerem secara berlebihan akan membutuhkan tenaga mesin lagi untuk mengembalikan kecepatan dalam keadaan semula. Sebaiknya anda melaju kendaraan dalam keadaan stabil dan konstan.

2. Mengatur dan menjaga menjaga putaran mesin kendaraan. Rata-rata mesin bensin bekerja optimal di putaran 2.500-3.500 rpm – tempat torsi maksimal berada. Jangan lupa untuk mengatur perpindahan gigi supaya putaran mesin berada putaran rpm tersebut. Jika terlalu tinggi akan menyebabkan bahan bakar mobil anda akan terbuang dengan lebih cepat, sedangkan jika terlalu rendah menyebabkan mesin kehilangan torsi dan butuh injakan gas dalam ketika hendak menambah kecepatan. Paling hemat jika Anda melaju konstan di rpm tersebut dengan gigi tertinggi.

3. periksa tekanan ban. Jika tekanan ban berkurang tentunya dapat mengakibatkan hambatan serta beban mobil bertambah. Tenaga yang dibutuhkan juga semakin besar, otomatis ini akan menguras bahan bakar.

4.  menjaga injakan pedal gas. Sebaiknya jika ingin kecepatan, injaklah gas dengan lembut dan progresif. Menginjak terlalu dalam akan membuat bahan bakar keluar dengan cepat.

5.  hindari kemacetan. Sebab, mobil yang sering berhenti, konsumsi bbm saat itu adalah 0 km/l. Semakin banyak Anda menghindari titik kemacetan, tentunya konsumsi bbm yang didapat akan semakin minim.

6.  matikan AC jika tidak perlu. Karena kompresor AC memberi beban cukup besar ke mesin.